Minggu, 22 Juni 2014

Ramadhan versi gue




 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Tangan sudah gatal mau cepat-cepat bikin hasil pemikiran dari kolaborasi akal dan hati ciahh. Tinggal tunggu waktu yang tepat dan tema yang tepat buat beraspirasi. Oke lanjut. Kali ini apa bagus di jadikan bahan tulisan? oh iya mumpung skrng kita lagi otw bulan Ramadhan kita cerita saja tentang suasana Ramadhan.

Ramadhan, bulan penuh berkah. Bulan yang semua ibadah positif dan digandakan pahalanya begitupun sebaliknya. Bulann yang penuh dengan keajaiban. Bukan bulan biasa.

Satu bulan sebelum bulan Ramadhan itu biasa hebohmi beritanya. Termasuk mulaimi muncul iklan-iklan yang bisa membatalkan puasa kyak iklan sirup ma*jan adeh pas siang-siang uhh.

Waktuku SD, pas bulan puasa itu saya cuma sanggup puasa setengah, yah maklum lah masih unyu-unyunya dulu hehe tapi skrng sudah strong mi puasa full satu hari bahkan full satu bulan ciah.

Ramadhan, kalau didaerahku itu identik sekalimi dengan petasan, jalan-jalan subuh setelah sahur, nonton balap pas sdh shalat subuh, dan tidak jarang juga masih kita dpt org pacaran di pinggir jalan kalau subuh aduh. Bulan Ramadhan juga identik dengan baju baru. Apa coba hubungannya? banyak iya pendapat katanya semuanya mesti baru kan kita suci kembali? sudah bersih kembali?hehe. Disinimi juga momentnya ibu-ibu beraksi dalam hal mengolah adonan. Iya, tidak afdol rasanya nanti lebaran baru tidak ada kuenya. Jadi yang siarah kodong dirumahta? Apakita suguhkanki?

Kalau sdh sahur itu kegiatannya yah ada yang nonton, ada yang lanjut mengajinya, ada yang siap-siapmi shalat subuh, dan masih ada tong yang na lanjut tidurnya smpena buka astagfirullah.

Pagi? aihh masih semnngat beraktivitas. Ada yang ke kantor, kerja, sekolah dan masih banyak lagi. Siang? aih mulaimi lowbat kegiatan yang paling tepat kalau jam-jam begini itu TIDUR. Iya supaya berpahala juga daripada pergi gosip? tmbah dosa saja hehe.

Sore? segaarrr kan sdhmi tidur siang? terus maumi juga buka, apalagi kalau sudah mki mandi soree?? aihh seperti terlahir kmbali hahaalayy. Sudah itu pergi bantu org dapur siapkan menu buka puasa mantap..

Waktu yng paling ditunggu. Apalagi kalau bukan Buka Puasa?? Alhamdulillah. Baru makan sdkit udah kenyang, padahal janjinya mau balas dendam adow. Pasca berbuka, siap-siap deh buat tarwih bareng di mesjid.

Pas nunggu shalat tarwih itu kadang2 ada kerumunan anak-anak yang jahil lempar-lempar petasan hah dasar. Kalau anak cwek biasanya cepat-cepat ambil sejadah trus ambil shaf paling depan di mesjid, nggak tau juga maksudnya apa, but this is fact.

Dulu waktu jamanku SD, sering ada pembagian kayak semacam buku tipis tapi, subhanallah usahanya agar terisi itu buku. Iya Buku amaliah Ramadhan. Isinya itu disuruh cari nama penceramah,judul ceramah,ttd penceramah,hafalan surah-surah pendek, shalat atau tidak shalat, puasa atau nggak puasa, baca al-qurannya dari hari pertama smpai habis Ramadhan hmm. Lalu dikumpul di guru dan ndatau selanjutnya diapakan.

Di bulan ini juga pada malam-malam terakhir Ramadhan ada yang namanya malam Lailatul-Qadr. Malam seribu bulan. Malam kemuliaan. Orang-orang berlomba supaya dapat malam lailatul qadr ini meskipun hanya percikannya. Malam ini ada di malam-malam ganjil 10 terakhir Ramadhan.

Tiba saatnya mendekati hari raya. Tradisi orang Indonesia sebelum Lebaran, yah apalagi kalau bukan Mudik. Ada yang memang sudah kewajiban merayakan hari kemenangan bersama keluarga besar. Di bulan ini juga kita di wajibkan membayar zakat fitrah bagi yang sudah memenuhi kriteria.

Next, malam terakhir Ramadhan. yah akrab disebut dengan malam takbiran. Pada malam ini tidak ada lagi shalat taraweh. Setelah shalat isya biasanya mereka berkumpul lalu keliling suatu daerah lalu menggema takbir secara besar-besaran pertanda besok kita merayakan kemenangan.

Idul Fitri. Hari Kemenangan. Salah satu hari besarnya Umat Islam. Dimulai dari shlat ied beserta rangkaiannya dan diakhiri dengan siarah atau silaturahmi kerumah keluarga atau kerabat. Momentnya mi maaf-maafan meskipun itu tidak sepenuhnyaji dia maafkanki. Momentnya mi juga makan opor ayam sm ketupat, dan momentnya mi juga dapat THR bro. Deh kaya orang kalau sudah bulan puasa, fullki dompetka apalagi kalau lebaran na tidak ada kalla ta? awwehh..

Sebenarnya masih banyak yang mau saya cerita, tapi kebetulan hanya itu yg saya ingat dan kemampuan otak saat ini masih labil untuk mengingat smuanya jadi sedikitji tertera di atas. Itu saya ceritaku versi Bulan Ramadhan, mana kita cerita ta?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar