Rabu, 25 Maret 2020

10 kegiatan yang bisa dilakukan saat #dirumahaja

Bismillah..

Beberapa bulan terakhir ini, Kita digegerkan dengan berita tentang virus baru yang merajalela yang kita kenal sebagai virus corona (Covid-19). Virus yang diketahui cukup cepat penyebarannya dan mematikan ini, mampu membuat hampir 2/3 dunia berupaya keras untuk meminimalkan jumlah korban yang terjangkit. Di Indonesia, bahkan telah tercatat ratusan warganya telah terjangkit virus ini. Sehingga pemerintah pun mengambil tindakan untuk mengantisipasi penyebaran virus agar tidak meluas. Beberapa usaha telah dilakukan, salah satunya adalah dengan penyemprotan cairan desinfektan di titik keramaian dan tempat-tempat yang memiliki potensi penularan virus yang tinggi. 

Selain itu, untuk pencegahan secara mandiri, pemerintah dan beberapa kalangan telah mengedarkan anjuran untuk tidak berkegiatan diluar rumah selama pandemi corona atau yang lebih viral dengan hashtag #dirumahaja. Sebagai makhluk sosial, terutama di Indonesia, kita tentunya belum terbiasa dengan menghabiskan waktu dirumah ajah. Nah, untuk memudahkan teman-teman yang belum terbiasa dirumah, ini ada beberapa kegiatan yang bisa dikerjakan selama menjalankan program #dirumahaja 



1. Memaksimalkan Ibadah
Sebagai makhluk yang beragama, sudah pasti kita diwajibkan untuk beribadah kepada Sang Pencipta. Namun, untuk kalian yang rajin datang ke tempat ibadah (Mesjid, Gereja dsb) pastilah kalian sangat sedih karena untuk saat ini kalian belum bisa beribadah disana. Tapi jangan sedih, karena beribadah juga bisa kalian maksimalkan #dirumahaja Insyaa Allah, Sang Pencipta akan memakluminya, tapi ingat juga untuk memperbaiki niat kembali. Bagi umat Islam, kalian masih tetap bisa beribadah dirumah seperti, sholat, membaca Al-Qur'an, puasa dan sebagainya.

2. Bekerja dan belajar secara online
Belakangan ini, kantor, sekolah dan tempat-tempat umum yang bukan bagian dari pelayanan umum langsung dianjurkan untuk libur. Eits, tapi bukan sekedar libur, lebih tepatnya dialihkan #dirumahaja. Jadi kegiatan belajar mengajar melalui media online. Begitu pula dengan absensi pekerja kantoran. Jadi, selama #dirumahaja kalian bisa mengerjakan tugas dari guru atau bos kalian.

3. Fokus mengerjakan skripsi 
Untuk kalian yang masih berjuang menuntaskan skripsi, mungkin ini waktu yang tepat untuk bermesraan kembali dengan skripsi kalian. Seperti yang kita ketahui, skripsi terkadang kita abaikan karena banyaknya aktivitas diluar rumah yang sering kali memaksa kita untuk lebih tertarik dan menghabiskan waktu disana. Namun, dengan adanya anjuran #dirumahaja kurasa inilah saatnya berjumpa kembali dengan skripsi, fokus dan menuntaskannya. Selamat berjuang para pejuang sarjana, saya tau bagaimana suka dukanya sebab saya pernah ada diposisi kalian hehe

4. Istirahat cukup
Karena banyaknya aktivitas tambahan seperti kerja tugas dari sekolah ataupun kantor, memaksa kita untuk tetap terjaga diwaktu-waktu tertentu. Ini juga harus menjadi perhatian penting, karena kurang istirahat dapat menyebabkan imun tidak stabil, sehingga mudah terserang penyakit. Maka jika lelah, istirahatlah. Karena meski #dirumahaja kita juga bisa lelah loh.

5. Quality time dengan keluarga
Untuk kalian yang terbiasa dengan kegiatan diluar rumah, dan sangat jarang berkumpul lagi bersama keluarga, mungkin ini juga salah satu kesempatan untuk memaksimalkan kegiatan bersama keluarga. Ada banyak kegiatan yang bisa kalian lakukan bareng keluarga seperti makan bersama, nonton bersama, cerita-cerita, kerja tugas bareng membersihkan rumah bahkan juga berdiskusi tentang masa depan. Hal ini juga akan meningkatkan hubungan emosional antar keluarga.

6. Menulis
Buat kalian yang gemar menulis, manfaatkanlah waktu ini. Meskipun mungkin akan sedikit terbatasi oleh ruang dan pengalaman baru, tapi kita bisa mengantinya dengan berkhayal yang lebih lepas. Tulislah apapun itu, mungkin topik tentang virus corona ini juga bisa kalian angkat, tapi ingat. Jangan sekali-kali kalian menulis berita hoax yah.

7. Membaca lebih banyak buku
Sangat banyak orang yang rajin membeli buku, tapi belum punya waktu untuk membacanya karena sibuk berkegiatan. Dengan adanya anjuran #dirumahaja, bisa dong buku-buku yang sudah lama tersimpan rapi dirak, kalian coba buka lalu menuntaskannya, mumpung kalian #dirumahaja kan hehe

8. Membuat karya
Punya banyak waktu luang dan kegiatan yang lain telah dilaksanakan, kalian bisa beralih untuk memaksimalkan potensi diri. Contohnya dengan membuat karya, apapun itu. Misalnya, kalian pintar melukis, membuat lagu, membuat video-video atau konten lainnya. Disaat inilah meski #dirumahaja kita harus tetap produktif. Terutama, kita masih bisa menyalurkan hobi kita melalui media sosial, minimal teman-teman kita tau bahwa selama #dirumahaja kita punya kegiatan yang positif.

9. Olahraga/berjemur
Meski #dirumahaja, kita juga tetap harus waspada terhadap virus corona ini. Yah selain mengkonsumsi makanan sehat kita juga harus mengatur pola hidup sehat, contohnya dengan olahraga. Salah satu hal yang bisa kalian lakukan #dirumahaja adalah dengan menjemur diri dibawah sinar matahari pagi. Olahraga itu penting, jangan hanya rebahan yah.

10. Bermain game
Yah, tidak dapat dipungkiri, sebagian besar orang Indonesia sangat gemar bermain game. Entah melalui gadget masing-masing atau juga melalui permainan tradisional. Tapi bermain game juga harus dibatasi. Jangan sampai waktunya habis karena bermain game saja. Opsi ini hanya dijadikan selingan kalau lagi bosan, tapi bukan prioritas yah.

Itulah 10 kegiatan yang bisa dilakukan #dirumahaja. Tetap jaga kesehatan dengan mengkonsumsi vitamin C dan E yang cukup, berjemur di matahari pagi, minum air hangat dan istirahat yang cukup. Tetap waspada tapi jangan panik. Pikirkan hal-hal positif tentang virus ini agar psikis kalian tetap baik. Insyaa Allah, virus bisa kita lawan dengan imun tubuh yang maksimal. Ingat yah untuk saat ini kalian #dirumahaja jika tidak ada kegiatan yang terlalu penting. Oke?

Jika kalian punya rekomendasi kegiatan yang belum tertulis diatas, silahkan tulis dikolom komentar untuk menambah referensi pembaca artikel ini, Terima kasih, semoga bermanfaat...

#Alifah Nurkhairina
Menulis #dirumahaja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar